Rabu, 07 Maret 2012

sebuah pelajaran hidup untuk muhasabah(introspeksi diri)


Kejadian yang ku lihat kemarin membuatku mendapat sebuah pelajaran hidup yang begitu berarti. Walaupun kejadian itu tak menimpaku tapi aku ikut merasakannya. Sebuah pelajaran hidup itu membuatku merenung & membuatku harus selalu mengingatnya karena hal itu penting untuk aku terapkan pada diri sendiri & sebagai bahan untuk muhasabah(introspeksi diri)..

Pelajaran hidup yang di dapat kemarin adalah :

> jangan terlalu mengharapkan pertolongan orang lain, karena saat harapan itu tak terwujud, pada akhirnya yang menolong qt adalah Alloh & diri qt sendiri..

> apa yang qt tulis atau yang qt kerjakan, harus dimengerti, dipahami & bisa dipertanggungjawabkan..

> qt hanya bisa berdo'a & berusaha dengan sungguh-sungguh, selebihnya Alloh yang menentukan..

Dengan kejadian itu pula membuatku bisa menuliskan pelajaran-pelajaran hidup lainnya yang telah aku dapatkan selama hidup sampai detik ini, diantaranya :

> qt tak boleh berhenti berdo'a & berusaha..ketika hal itu telah qt lakukan, maka qt pasrahkan kepada Alloh, biarkan Alloh yang menentukan segalanya dan qt hanya perlu ikhlas menerima ketentuanNYA..
semua ketentuan Alloh pasti itu yang terbaik..

> setelah kesedihan pasti akan datang kebahagiaan, karena badai pasti berlalu..

> setiap kekecewaan atau cobaan pasti ada hikmahnya..Alloh memberikan cobaan tak akan melebihi kemampuan qt..

> jangan pernah menggantungkan harapan apapun atau mempercayai sepenuhnya pada manusia, karena sifat manusia itu bisa berubah-ubah, sehingga bisa mengecewakan..gantungkanlah atau serahkanlah semuanya hanya pada Alloh.
cukup Alloh sebagai pelindung & Alloh sebaik-baiknya penolong qt..

> semua hal itu ada balasannya, seperti pepatah mengatakan "apa yang qt tanam, itu yang akan qt dapatkan".. 

> semua hal itu ada resikonya dan semua hal itu ada kelebihan dan kekurangannya..

> pengalaman itu mengajari qt banyak hal & membuat qt bisa lebih baik lagi dari sebelumnya..kejadian di masa lalu bisa membuat qt seperti sekarang..

> ikhlas memang mudah tuk diucapkan tp sulit tuk dilaksanakan..hanya saja saat qt bisa ikhlas, semua akan terasa menyenangkan & menenangkan, karena ikhlas itu indah.. 

> selalu bersabar, menghargai dan bersyukur untuk setiap apa yang terjadi & apa yang telah didapatkan..

> jangan terlalu menyukai atau membenci sesuatu hal, karena itu bisa jadi sebaliknya..
seperti halnya dalam al-quran "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)"   

> sesuatu hal bagi manusia itu bisa saja tak mungkin, tapi bagi Alloh tak ada yang tak mungkin jika Alloh sudah berkehendak..

> jodoh, rezeki & maut, hanya Alloh yang Tahu & Alloh yang menentukan..Alloh itu Maha Segalanya..

> selalu berusahalah jadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang selalu istiqomah, pribadi yang beriman & bertaqwa kepada Alloh, supaya bisa membekali qt tak hanya di dunia tapi untuk di akhirat nanti, karena maut itu tak ada yang tahu.. 

> rencana manusia boleh indah & baik, tapi rencana Alloh pasti jauh lebih indah & lebih baik..rahasia Alloh itu pasti sangat indah & sangat luar biasa..

catatan ini mungkin ini hanya sebagian pelajaran hidup yang pernah aku & orang lain alami..pasti masih banyak pelajaran hidup lainnya yang belum aku tuliskan.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar